WELCOME TO

WELCOME TO
Home » » Cara Untuk Mencegah Bahaya Radiasi Handphone Bagi Manusia

Cara Untuk Mencegah Bahaya Radiasi Handphone Bagi Manusia

Written By Unknown on Monday 13 July 2015 | 01:17


Apa itu radiasi? Radiasi merupakan sebuah energi yang dipancarkan melalui partikel atau pancaran gelombang melalui udara. Energi yang dipancarkan ini biasanya tidak bisa dilihat dengan mata kita misalnya radiasi pada handphone. Dijaman modern seperti sekarang ini semua orang membutuhkan alat komunikasi jarak jauh sebut saja handphone. Gadget yang satu ini tentu saja sudah menjadi keperluan bagi setiap orang baik anak-anak maupun orang tua. Meskipun begitu banyak orang yang lupa akan kesehatan pada dirinya sendiri, padahal banyak sekali dampak buruk akibat radiasi pada ponsel yang kita gunakan.


Handphone merupakan alat komunikasi jarak jauh yang jelas mempunyai radiasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, seiring kemajuan teknologi handphone tidak hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan saja. Banyak sekarang kita lihat perkembangan handphone saat ini yang mempunyai fitur baru seperti bluetooth, wifi, gps dan lainnya. Fitur yang disediakan pada handphone jaman sekarang mungkin sangat berguna dan penting namun fitur-fitur seperti itulah yang akan menambah resiko bahaya kesehatan bagi tubuh kita. Adapun dampak buruk dari radiasi handphone bagi kesehatan tubuh ialah sebagai berikut.

Dampak Buruk Radiasi Handphone Bagi Kesehatan :
- Menyebabkan kanker otak
- Menyebabkan tumor otak
- Menyebabkan ganggguan pendengaran
- Menyebabkan iritasi ringan pada kulit
- Memicu penyakit jantung
- Memicu kerusakan kornea pada mata
- Memicu kanker payudara
- Mengurangi kemampuan daya ingat
- Menurunkan sistem kekebalan tubuh
- Meningkatkan hormon stress
- Mengganggu kehamilan dan janin
Diatas merupakan sebagian besar dampak buruk yang terjadi pada tubuh manusia yang disebabkan oleh radiasi handphone yang sudah diteliti oleh para ahli kesehatan di seluruh dunia. Tentu saja hal ini membuat kita semua ingin tahu bagaimana cara menangkal radiasi pada handphone agar bisa terhindar dari dampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Silahkan simak dibawah ini.

Baca juga : Cara mengatasi handphone android yang lemot

Cara Mencegah Bahaya Radiasi Handphone :

1. Jangan Dekatkan Handphone Pada Telinga Bila Panggilan Belum Masuk
Pada saat melakukan panggilan (berbunyi tut...tut...tut) usahakan agar tidak mendekatkan handphone anda pada telinga, tunggu hingga panggilan telah tersambung terlebih dahulu. Karena radiasi pada saat itu lebih besar gelombangnya dibandingkan panggilan telah tersambung.

2. Gunakan Headset Saat Menelpon
Radiasi terbesar bisa kita hindari pada saat menelpon adalah dengan menggunakan headset. Hal ini akan menjauhkan gelombang radiasi disekitar handphone pada saat menelpon.

3. Gunakan Loudspeaker Saat Menelpon
Loudspeaker merupakan pengeras suara yang berfungsi untuk mendengarkan suara tanpa harus mendekatkan diri dengan benda tersebut. Hal ini tentu saja dapat menghindari diri kita dari radiasi langsung dengan hanphone.

4. Jangan Menelpon Diruang Sempit
Ruangan juga akan mempengaruhi kekuatan radiasi, karena ruang yang sempit malah akan memperbesar frekuensi radiasi pada handphone kita.

5. Jangan Menyimpan Handphone Didalam Kantung Celana
Ternyata setelah diteliti, menyimpan handphone pada saku kantung celana dapat menurunkan kualitas pria. Untuk itu lebih baik ubahlah kebiasaan anda ini terutama pada pria.

6. Menggunakan Telinga Secara Bergantian
Apabila anda menelpon tidak menggunakan headset dan hanphone anda tidak mempunyai fitur loudspeaker, usahakan saat menelpon agar untuk saling mengganti posisi telinga saat mendengarkan pembicaraan. Misalnya 1 menit telinga kiri dan 1 menit telinga kanan, dan begitu seterusnya.

7. Gunakan Fitur Bluetooth, Wifi dan Gps Seperlunya Saja
Bluetooth, wifi dan gps adalah fitur yang memiliki radiasi yang lumayan besar, bukan hanya pada komputer sekarang fitur ini sudah tersedia pada handphone. Untuk itu pastikan untuk tidak mengaktifkan fitur ini pada saat menelpon, karena bisa melipat gandakan radiasi atau gelombang energi yang kuat yang dapat membahayakan kesehatan. Gunakan fitur ini seperlunya saja dan jangan terlalu lama menyentuh handphone saat fitur ini aktif.

8. Matikan Handphone Saat Sinyal Melemah
Pasti kita pernah melihat sinyal di handphone kita menurun bukan ? Apabila hal ini terjadi lebih baik anda mematikan handphone sementara waktu. Karena pada saat itu handphone akan meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal hingga maksimal agar jaringan kembali normal.

9. Diam Ditempat Saat Menelpon
Pada saat menerima panggilan atau sedang menghubungi orang lain hindari untuk berjalan kesana-kemari karena pada saat bergerak sinyal pada handphone akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari Base Transceiver Station (BTS). Ini juga menjadi alasan mengapa dilarang menelpon saat berkendara.

10. Jauhkan Handphone Saat Tidur
Janganlah pernah untuk menaruh handphone didekat diri kita apalagi didekat kepala dan bantal tidur. Karena jaringan kartu sim di handphone kita selalu aktif meskipun tidak ada yang menelpon atau sms. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan bila perlu matikan handphone saat tidur.

11. Menonaktifkan Kartu Sim
Nonaktifkan saja kartu sim sementara atau cabut saja kartu sim pada handphone apabila sekiranya handphone tidak terlalu penting (misalnya pada anak-anak yang hanya menggunakan handphone untuk game, berfoto, dan sebagainy. 
Sampai di sini dulu yang bisa saya informasikan mengenai Cara Untuk Mengatasi Bahaya Radiasi handphone Bagi manusia, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.terima kasih atas kunjungan anda.

0 comments:

Post a Comment

selamat datang di blog saya, semoga bermanfaat

Zona Iklan

Flag Counter