WELCOME TO

WELCOME TO
Home » » Cara Mengatasi Keypad Handphone Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keypad Handphone Yang Tidak Berfungsi

Written By Unknown on Monday 1 June 2015 | 02:31

Asslmu alaikum Wr Wb,,,,,Postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi keypad yang tidak berfungsi. Kotoran yang menempel di sela-sela keypad merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada keypad. Tapi jika masi bisa di bersihkan dan keypad masih berfungsi dengan baik maka tidak sulit untuk memperbaikinya.


Masalah pada keypad handphone di sebabkan banyak faktor meskipun itu jarang terjadi, seperti IC keypad handphone terkena air makan akan terjadi korosi pada kompnen tersebut. Berikut ini jenis kerusakan pada keypad handphone lebih baik anda menggunakan skema diagram di bawah ini :

Contoh gambar rangkaian jalur keypad

  1. Apabila salah satu tombol keypad di tekan tetapi tidak berfugsi,contoh misalnya angka 4 maka kita harus periksa tegangan volt pada tombol 4, apabila tegangan volt yang keluar adalah 0 volt itu berarti tidak ada tegangan yang keluar dan masing-masing tombol memiliki tegangan sekitar 1.2-1.8 volt dan itu juga tergantung dari type ponsel. Bisa di sebabkan oleh koneksi yang buruk pada jalurnya, sebelumnya anda coba bersihkan dulu lempengan kuning pada PCB, apabila belum berhasil maka cek rangkaian jalur secara pertikal dan horisontal.
  2. Jika semua keypad tidak berfungsi dengan baik atau hang, maka anda coba periksa terlebih dahulu IC power masih baik,cukup lakukan pemanasan jika masih baik,dan gantilah apabilah sudah rusak atau tidak dapat di perbaiki lagi.
  3. Bila salah satu keypad yang di tekan maka angka yang keluar tidak sama.Contoh jika kita tekan tombol angka 4 maka yang muncul angka 9. Apabilah sudah di periksa tegangan yang keluar adalah 2.0 volt,kerusakan seperti ini disebapkan karena koneksi kurang baik,keypad atau putus jalur.
  4. Salah satu tombol yang ditekan maka ponsel mati,jika tegangan yang di periksa adalah 2.8 volt, maka cek terlebih dalu IC power.
  5. Hang, pada saat ponsel dinyalakan kemudian semua tombol macet. Pada kasus ini di sebabkan CPU yang bermasalah,rehot CPU atau cek ulang, jika masih bermasalah ganti yang baru.Kemudian lakukan  flash ponsel dengan versi terbaru.

Sampai di sini dulu postingan saya mengenai Cara mengatasi keypad handphone yang tidak berfungsi semoga bermanfaat bagi anda.

0 comments:

Post a Comment

selamat datang di blog saya, semoga bermanfaat

Zona Iklan

Flag Counter